Postingan Terbaru

DASAR - DASAR Dan STRUKTUR BAHASA PEMROGRAMAN JAVA

This Is The Oldest Page













PENDAHULUAN
Java merupakan pemrograman yang menanjak popularitasnya akhir-akhir ini, java gratis, mudah didapatkan dan juga tangguh. Java  lahir pada tahun 1991 yang diperkarsai oleh team sun melalui proyek bernama green yang dipimpin oleh james gosling.

Java menerapkan fitur-fitur dari bahasa pemrograman lain, dimana fitur tersebut dianggap merupakan suatu kelebihan oleh tim sun. contohnya JVM (Java Virtual Machine) atau JRE (Java Runtime Envronment) yang merupakan mesin maya pada pascal, sintaks dan Exception Handling diambil dari C/C++ dan lain sebagainya.

JVM atau JRE merupakan fitur java yang membuatnya dapat berjalan pada semua platform sistem operasi.

    Keunggulan Java
Ada beberapa keunggulan java diantaranya
A.    Sederhana
Bahasa pemrograman Java yang menggunakan coding hampir sama C++, namun sintaks pada java sudah banyak diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance. Java  menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection.
B.     Berorientasi objek (object oriented)
Java menggunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman objek oriented memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.
C.     Dapat didistribusi dengan mudah
Java dibuat untuk  aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada java.
D.    Portable
Source code maupun program java dapat mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.
E.     Dinamis
Java didesain untuk dapt dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan  suatu class dengan cara menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa mengganggu program yang menggunakan class tersebut.

 STRUKTUR PEMROGRAMAN JAVA
Java mempunyai struktur untuk penulisan sintaks-sintaksnya dimulai dari package, import, class dan sebagainya. Secara garis besar struktur penulisan sintaks java adalah sebagai berikut:

Package namapackage;
Import namapackage;
/**
*komentar java
*/
Modifier class namaKelaS EXTENDS KelasSuper implements interface{
// deklarasi variable global
Modifier methodContructor(){
//statemen
}
Public static void main(){
//deklarasi variable local
/*
*statemen
}
}

Ø  Package
Package adalah suatu cara pengelompokan dan pengorganisasian kelas-kelas kedalam suatu library. Package bekerja dengan membuat direktori dan folder baru sesuai dengan penamaan package, kemudian meyimpan file class pada forder tersebut. Deklarasi package pada baris paling atas sebelum perintah import.



Bentuk umum:
Package namaPackage;

Ket :
-          Package : merupakan keyword untuk membuat paket.
-          namaPackage : identifier yang digunakan sebagai penamaan package.


Ø  Import
Perintah import dgunakan untuk memberitahukan kepada program untuk mengacu pada kelas-kelas yang terdapat pada package tersebut bukan menjalankan kelas-kelas tersebut. Dalam program, dapat mengimport hanya kelas tertentudan dapat pula mengimport semua kelas menggunakan tanda asterisk (*) pada akhir nama package. Sedangkan untuk mengimport kelas tertentu, dapat menuliskan nama kelas setelah nama package.
Deklarasi:
Import namaPackage*;
Import namaPackage. NamaKelas;

Ø  Kelas
Kelas merupakan bagian utama pada pemrograman java, kelas merupakan hierarki tertinggi dari bahasa java, diamana di dalam body kelas ini didefenisikan variable, method, dan kelas inner. Deklarasi kelas automatis terbentuk saat membuat file java baru, kemudian ditambahkan secar manual  modifier, pewarisan (extends), dan interface (implements).
Bentuk umum :

[modifier] class namaKelas [ Extens KelasSuper] [Implements Interface]{
  <Deklarasi variable>
  <deklarasi method>
}

Ø  Method
Method adalah bagian program yang menjelaskan tingkah laku dari object yang akan di-instance. Method tidak dapat berdiri sendiri sebagaimana kelas, di mana letak penulisan berada didalam body kelas. Method berdasarkan jenisnya dabagi menjadi beberapa kategori yaitu:
·         Konstruktor
Konstruktor adalah method yang dieksekusi pertama sekali setelah method main. Biasanya method konstruktor digunakan untuk memberikan nilai inisialisasi program. Nama dari method konstruktor harus sama dengan nama kelas.
Bentuk umum:
Modifier namaKelas (parameter input){
statemen
}

Ket:
§  Parameter input : merupakan parameter input method konstruktor. Penulisan parameter input sebagaimana penulisan deklarasi variable.
Missal : int nilai.
·         Fungi/Prosedur
Fungsi adalah method yang mengembalikan sebuah nilai, sedangkan prosedur adalah method yang tidak mengembalikan sebuah nilai
Bentuk umum :
[modifier] tipeKembalian namaMethod ([parameter input]) [ throws exception]{
Statement
[return variable]
}

Keterangan:
§  Modifier : modifier yang diizinkan adalah default, public, private, protected, final, abstract, dan static.
§  TipeKembalian : adalah tipe data nilai yang dikembalikan kepada method. Apabila method berupa prosedur, maka tipe kembalian adalah void tanpa statement return pada akhir body method. Sedangkan apabila method berupa fungsi, maka nilai return harus sesuai dengan tipe kembalian yang didefenisikan.
§  namaMethod : identifier/ nama dari method. Umtuk membedakan dengan kelas sebaiknya karakter pertama ditulis dengan huruf kecil.
§  Throws exception : untuk melemparkan ksalahan yang terjadi pada kelas exception handling.

·         Main
Method main adalah method utama yang pertama kali dipanggil untuk menjalankan program. Sebuah program yang tidak mempunyai method main tidak akan bisa dijalanka atau dieksekusi.
Bentuk umum:
Public static void main (String[]args){
Statemen
}

Keterangan
§  Public static, modifier public berarti method tersebut dapat ibaca oleh setip kelas, sedangkan static berarti method main hanya dapat diakses oleh kelas itu sendiri, tidak dapat diakses oleh instance.
§  Void : berarti method main tidak mengembalikn sebuah nilai.
§  String[] args : merupakan parameter input method main.
      
 Lanjutan dasar-dasar program JAVA 1

LIHAT JUGA DAFTAR PENGETAHUAN LAIN DIBAWAH INI
BACA JUGA
This Is The Oldest Page
BACA JUGA
This Is The Oldest Page

Android Portal Indonesia