Postingan Terbaru

Program IF-ELSE Sederhana dengan JAVA desktop Netbeans GUI (Nilai Kondisi Numerik)
















Program IF-ELSE Sederhana dengan JAVA (JtextField) kondisi nilai Numerik

Latihan sekarang lanjut program java desktop sederhana menggunakan kondisi if-else yang data kondisi bertype Numerik (sebelumnya latihan IF-ELSE dengan nilai Kondisi bertipe String) diambil dari JTextField, contoh apilkasi yaitu menentukan Nilai Huruf dan Keterangan Nilai Berdasarkan Nilai Angka

-          Jika Nilai Angka 80-100, maka Nilai Huruf ‘A’, Keterangan Nilai “Sangat Baik”.
-          Jika Nilai Angka 65-79, maka Nilai Huruf ‘B’, Keterangan Nilai “Baik”.
-          Jika Nilai Angka 55-64, maka Nilai Huruf ‘C’, Keterangan Nilai “Cukup”.
-          Jika Nilai Angka 35-54, maka Nilai Huruf ‘D’, Keterangan Nilai “Kurang”.
-          Jika Nilai Angka <35, maka Nilai Huruf ‘E’, Keterangan Nilai “Sangat Kurang”.

Membuat program sederhana dengan Java desktop tidaklah terlalu sulit, tetapi perlu hati-hati dalam pemberian nama variabel komponen palete.
Buat terlebih dahulu project serta pembuatan class dengan JFrameForm dengan nama IF_ELSE2.java, caranya dapat dilihat dengan cara klik Langkah-langkah membuat project

Design form pada jendela Design


Mengganti nama variable dan text komponen  palete dengan cara klik kanan komponen yang akan diganti pilih Change Variable Name (untuk ganti nama variabel komponen) dan pilih Edit Text untuk mengubah text yang tampil)
Agar sama dengan Koding yang dibuat, perlu diganti variable dari komponen palete yang  digunakan, variabel komponen yang diubah bisa dilihat pada panel Inspector seperti gambar dibawah ini (Sifat variabel Case Sensitive yaitu karakter besar atau kecil mempengaruhi coding).


Selain pada panel Inspector variable komponen bisa dilihat dari jendela source yang otomatis berganti saat change variable name pada jendela design (letaknya pada akhir source).
Keterangan: Text warna hijau sebagai Nama Variabel komponen pallete

Design Coding

Pertama deklarasikan variable data yang dibutuhkan, pilih Tab Source pada class IF_ELSE2.java, kemudian tambahkan deklarasi variable tepat dibawah
public class IF_ELSE2 extends javax.swing.JFrame {
   
          public int N_Angka;
          public char N_Huruf;
          public String Ket_Nilai="";

Untuk mengisi coding, Double Click pada komponen JTextField  “TxtNilaiAngka” maka kita langsung menggunakan Event actionPerformed atau dengan cara klik kanan komponen JTextField  “TxtNilaiAngka”  ---> Events ---> Action ---> actionPerformed,  Maksudnya jika kita Enter Pada JtxtField tersebut maka java menjalankan source yang dibuat pada objek actionPerformed.

Coding yang ditambahkan pada JTextField  “TxtNilaiAngka”


            N_Angka=Integer.parseInt(TxtNilaiAngka.getText());
        if(N_Angka>=80 && N_Angka<=100)
        {
            N_Huruf='A';
            Ket_Nilai="Sangat Baik";
        }else if(N_Angka>=65 && N_Angka<=79)
        {
            N_Huruf='B';
            Ket_Nilai="Baik";
        }else if(N_Angka>=55 && N_Angka<=64)
        {
            N_Huruf='C';
            Ket_Nilai="Cukup";
        }else if(N_Angka>=35 && N_Angka<=54)
        {
            N_Huruf='D';
            Ket_Nilai="Kurang";
        }else if(N_Angka<35)
        {
            N_Huruf='E';
            Ket_Nilai="Gagal";
        }

        TxtNilaiHuruf.setText(String.valueOf(N_Huruf));
        TxtKetNilai.setText(Ket_Nilai);
Keterangan Coding
N_Angka=Integer.parseInt(TxtNilaiAngka.getText());
//Mengambil Nilai Dari TxtNilaiAngka dan disimpan pada variabel N_Angka, N_Angka bertipe integer sedangkan nilai dari JtextField bertipe String maka dikonversikan ke dengan Integer.parseInt().
if(N_Angka>=80 && N_Angka<=100) // pemberian kondisi nilai data numerik diberikan menggunakan operator relasi yang diambil nilainya dari JtextField
N_Huruf='A'; //pemberian nilai N_Huruf bertipe karakter
Ket_Nilai="Sangat Baik"; // pemberian nilai Ket_Nilai bertipe String

TxtNilaiHuruf.setText(String.valueOf(N_Huruf)); // menampilakan N_Huruf ke TxtNilaiHuruf, karena N_Huruf bertipe karakter sedangkan nilai yang tampil pada JTextField dengan perintah SetText() bertipe String, maka dikonversikan dari Karakter ke String dengan Perintah String.valueOf().
TxtKetNilai.setText(Ket_Nilai); // menampilakan Ket_Nilai ke TxtKetNilai
Hasil Dapat dilihat dibawah ini :
Cara menjalankan aplikasi : Inputkan Nilai Angka Kemudian tekan Enter (Cursor berada pada JTextField (TxtNilaiAngka), maka akan tampil nilai Nilai Huruf dan Keterangan Nilai, seperti gambar dibawah ini :

BACA JUGA
BACA JUGA

Android Portal Indonesia