Postingan Terbaru

Program Sederhana Validasi TextField JAVA - Input Kosong - GUI













Selamat siang semua sahabat pencari ilmu...sudah makan siang belum ne...:)

baiklah siang ini kita masih bahas si java, sekarang kita buat program Java desktop sederhana bagaimana cara validasi input JTextField dengan netbeans berbasis GUI , program validasi input untuk memastikan tidak ada TextField atau TextBox yang kosong, informasi validasi kita tampilkan pada comand dialog dengan Fungsi JOptionPane. Latihan sekarang kita beri dengan nama class  ValidasiInput.java.








Hasil Diatas mengeluarkan informasi pada comand dialog jika ada JtextField yang tidak diisi atau kosong.

Informasi data ini muncul jika semua JTextField tidak ada yang kosong atau sudah diisi semua (logikanya dapat diganti sesuai aplikasi).



Design Input


Komponen yang digunakan : JLabel, JTextField, JButton.

lakukan perubahan Text dan variabel komponen agar sesuai dengan program yang saya buat. dapat dilihat pada panel inspector atau jendela source.



--.text warna hijau adalah nama variabel komponen pallete.

Design Coding

berikan event pada JButton "SIMPAN" (Event-->Action-->ActionPerformed), kemudian tambahkan coding dibawah ini :


Keteranga Coding

 if(TxtNama.getText().equals(""))  //Jika Nilai Yang diambil pada TxtNama Kosong ("")
        {
            JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nama Tidak Boleh Kosong"); //Tampilkan Nilai Pada Comand Dialog
        }



Cara Mudah Belajar Bahasa Program JAVA,  Bagaimana Cara belajar Program JAVA, Tutorial Bahasa Program JAVA, Cara Mudah Belajar Bahasa Program JAVA Desktop (GUI) dengan Netbeans,  Cara Mudah Bangun Aplikasi dengan JAVA, Aplikasi Perpustakaan dengan JAVA,  Aplikasi Transaksi Jual Beli dengan JAVA, Aplikasi Sistem Informasi dengan JAVA, Cara Menghitung umur dengan Program Java, Tutorial JAVA, Bagaimana Cara membuat Aplikasi dengan JAVA, Tips mudah pemrograman JAVA, Tips Mudah Membuat Aplikasi dengan JAVA, Tanggal Pada JAVA, JButton Pada JAVA, Event Program JAVA, Struktur JAVA, Cara membuat database mysql, JAVA dengan Netbeans, JAVA desktop, JAVA GUI, JTextField, JTable, JFrame, JLabel JAVA. memanggil Aplikasi JAVA, cara membuat aplikasi dengan java desktop dengan netbeans, cara mudah belajar JAVA.


BACA JUGA
BACA JUGA

Android Portal Indonesia