Postingan Terbaru

Program kalkulator dengan JAVA netbeans (Java Desktop GUI)













Program Kalkulator Sederhana dengan JAVA

Latihan sekarang kita buat program kalkulator sederhana dengan menggunakan JAVA




Membuat program Kalkulator sederhana dengan Java desktop tidaklah terlalu sulit, tetapi perlu hati-hati dan kesabaran dalam pemberian nama variabel komponen pallet.
Buat terlebih dahulu project serta pembuatan class dengan JFrameForm dengan nama KalkulatorSutan.java, caranya dapat dilihat dengan cara klik Langkah-langkah membuat project atau pada link ini!!
Design form pada jendela Design


Mengubah nama variable dan text komponen  palete dengan cara klik kanan komponen yang akan diubah pilih Change Variable Name (untuk ganti nama variabel komponen) dan pilih Edit Text untuk mengubah text yang tampil)
Untuk menyamakan dengan Koding yang dibuat perlu diganti variable dari komponen palete yang  digunakan, variabel komponen yang diubah bisa dilihat pada panel Inspector seperti gambar dibawah ini (Sifat variabel Case Sensitive yaitu karakter besar atau kecil mempengaruhi coding).

Selain pada panel Inspector variable komponen juga bisa dilihat dari jendela source yang berganti otomatis saat change variable name pada jendela design (letaknya pada akhir source).
Keterangan: Text warna hijau adalah Nama Variabel komponen pallet

Design Coding
Pertama deklarasikan variable data yang dibutuhkan, pilih Tab Source pada class KalkulatorSutan.java, kemudian tambahkan deklarasi variable tepat dibawah 

          public class KalkulatorSutan extends javax.swing.JFrame {

String Angka;
          double Jumlah,Angka1,Angka2;
          int Pilih;

Untuk mengisi source, secara default Double Click pada komponen masing-masing JButton maka kita langsung menggunakan Event actionPerformed atau dengan cara klik kanan komponen JButton ---> Events ---> Action ---> actionPerformed  Artinya jika user meng-klik tombol maka java menjalankan koding yang dibuat pada objek actionPerformed.
Berikan koding berikut pada Tombol Jbutton Angka 0 s/d 9


                     Angka+= "A";
        TxtHasil.setText(Angka);

   Ganti “A” dengan angka JButton yang akan ditampilkan pada JTextField .
Keterangan : Jika suatu tombol angka di-klik, maka memberikan nilai pada variabel Angka kemudian menampilkan pada JTextField.
Berikan koding berikut pada Tombol Jbutton (,)
       Angka+= ".";
           TxtHasil.setText(Angka);
Menambahkan simbol koma(.)
  Berikan koding berikut pada Tombol Jbutton (C)
                TxtHasil.setText("");
      Angka1=0.0;
      Angka2=0.0;
      Jumlah=0.0;
      Angka="";
Memastikan semua komponen bernilai null

Tombol (+)
                     Angka1=Double.parseDouble(Angka);
        TxtHasil.setText("+");
        Angka="";
        Pilih=1;
Angka1 merupakan variabel yang menampung nilai yang ada pada JTextField (Angka) ketika Tombol angka di-klik yang akan dioperasikan dengan Angka2, variabel Angka1 bertipe data Double maka dikonversikan dari String (data dari JTextField) ke Double dengan perintah Double.parseDouble().
  TxtHasil.setText("+");   à memberikan nilai (+) Pada JTextfield (TxtHasil)
            Angka="";      à Mengosongkan Variable Angka
        Pilih=1; à Integer yang berfungsi sebagai pemilihan switch-case jika Tombol (=)             di klik.

Untuk tombol operasi Angka  lainnya menyesuaikan seperti coding pada button (+)
Tombol ( - )

                    Angka1=Double.parseDouble(Angka);
        TxtHasil.setText("-");
        Angka="";
        Pilih=2;
Tombol (x)
                   Angka1=Double.parseDouble(Angka);
        TxtHasil.setText("*");
        Angka="";
        Pilih=3;
Tombol ( / )
                    Angka1=Double.parseDouble(Angka);
        TxtHasil.setText("/");
        Angka="";
        Pilih=4;
Tombol ( =)
        switch(Pilih){
        case 1:
            Angka2 = Double.parseDouble(Angka);
            Jumlah = Angka1 + Angka2;
            Angka = Double.toString(Jumlah);
            TxtHasil.setText(Angka);
            break;
        case 2:
            Angka2 = Double.parseDouble(Angka);
            Jumlah = Angka1 - Angka2;
            Angka = Double.toString(Jumlah);
            TxtHasil.setText(Angka);
            break;
        case 3:
            Angka2 = Double.parseDouble(Angka);
            Jumlah = Angka1 * Angka2;
            Angka = Double.toString(Jumlah);
            TxtHasil.setText(Angka);
            break;
        case 4:
            Angka2 = Double.parseDouble(Angka);
            Jumlah = Angka1 / Angka2;
            Angka = Double.toString(Jumlah);
            TxtHasil.setText(Angka);
            break;
            default:
            break;
            }

Sebelum operasi dilakukan, variabel Angka2 dikonversikan terlebih dahulu ke tipe data Double.
Variabel Jumlah melakukan operasi bilangan Angka1 dan Angka2 yang sudah dikonversi ke tipe data Double.

Variabel Angka mengkonversi variabel Jumlah bertipe data Double menjadi String agar untuk ditampilkan pada JTextField (TxtHasil).

Klik kanan JTextField (TxtHasil) yang berada di dalam container JFrame --> Properties
  • Uncheck editable. Agar pengguna tidak dapat memasukan karakter dari keyboard. Menghindari karakter yang tidak diinginkan input dan tampil ke display.
  • Horizontal Alignment ganti menjadi Right. supaya posisi angka menjadi rata kanan seperti kalkulator umumnya. 

Hasil Dapat Dilihat dibawah Ini



BACA JUGA
BACA JUGA

Android Portal Indonesia