Postingan Terbaru

Program Java Sederhana Transaksi dengan Netbeans (GUI)













Program Sederhana Transaksi menggunakan Java desktop dengan Netbeans (GUI)

Latihan sekarang kita buat program transaksi sederhana menggunakan Java dengan netbeans, hasilnya seperti gambar dibawah ini :


latihan sekarang kita simpan dalam project "Transaksi", package "Toko" dan nama Class "FormTransaksi.Java".

 Design Form 
Komponen yang digunakan : JComboBox, Jlabel, JTextField, dan JButton

untuk menyamakan dengan coding yang dibuat, maka perlu dilakukan perubahan Text dan Variable komponen, dengan cara klik kanan komponen komponen kemudian pilih Edit Text (Untuk mengubah Text) dan Change Variable Name untuk mengganti variable komponen pallete. dapat dilihat pada panel inspector :

selain itu juga dapat dilihat pada jendela source (biasanya diakhir coding)
Keterangan : Text warna hijau yaitu nama variable komponen

untuk mengganti List Item JCombox Nama Barang atau konfigurasi yang dibutuhkan dapat dilihat pada latihan sebelumnya (klik disini!!).

List Item ComboBox Nama Barang Yaitu : "Televisi", "Speaker" dan "Kulkas".




Design Coding
1. Tambahkan Import yang dibutuhkan tepat dibawah nama Package
2. Deklarasikan Data yang digunakan untuk menampung nilai
3. berikan Event Pada JComboBox (CBNamaBrg) dengan cara klik kanan pilih Event->Action->ActionPerformed, tambahkan coding dibawah ini  untuk mengisi perintah proses logika dan  menampilkan Harga Barang Jika List Item JComboBox dipilih
Keterangan :
lihat keterangan IF-ELSE nilai kondisi dari JComboBox diambil berdasarkan Item  dan menampilkan nilai angka dengan format ribuan


4. berikan Event Pada JButoon ("HITUNG JUMLAH HARGA"), klik kanan-> Event->Action->ActionPerformed, tambahkan coding dibawah ini untuk menghitung dan menampilkan Jumlah Harga Pada TxtJmlHarga Setelah Jumlah Beli diinputkan pada TxtJbeli kemudian  Klik JButton ("HITUNG JUMLAH HARGA") (Jumlah Harga didapatkan dari operasi perkalian Jumlah Beli * Harga Barang)



5. berikan Event Pada JTextField Jumlah Bayar (TxtjmlBayar), klik kanan-> Event->Action->ActionPerformed, tambahkan coding dibawah ini untuk Menghitung dan menampilkan Jumlah Kembalian pada TxtJmlKembalian Setelah diinputkan Jumlah Bayar pada TxtJmlBayar kemudian tekan Enter. (Jumlah Kembalian Didapatkan dari operasi pengurangan Jumlah Bayar dengan Jumlah Harga)

6. berikan Event Pada JButton ("BATAL")  klik kanan-> Event->Action->ActionPerformed, tambahkan coding dibawah ini untuk mengosongkan nilai JTextField dan List Item JComboBox


7. berikan Event Pada JButton ("KELUAR")  klik kanan-> Event->Action->ActionPerformed, untuk keluar aplikasi.


BACA JUGA
BACA JUGA

Android Portal Indonesia