Program IF-ELSE Sederhana dengan JAVA desktop Netbeans GUI (Nilai Kondisi Numerik)
Latihan sekarang lanjut program java desktop sederhana menggunakan
kondisi if-else yang data kondisi bertype Numerik (sebelumnya latihan IF-ELSE dengan nilai Kondisi bertipe String) diambil dari JTextField, contoh apilkasi yaitu
menentukan Nilai Huruf dan Keterangan Nilai Berdasarkan Nilai Angka
-
Jika Nilai
Angka 80-100, maka Nilai Huruf ‘A’,
Keterangan Nilai “Sangat Baik”.
-
Jika Nilai
Angka 65-79, maka Nilai Huruf ‘B’,
Keterangan Nilai “Baik”.
-
Jika Nilai
Angka 55-64, maka Nilai Huruf ‘C’,
Keterangan Nilai “Cukup”.
-
Jika Nilai
Angka 35-54, maka Nilai Huruf ‘D’,
Keterangan Nilai “Kurang”.
-
Jika Nilai
Angka <35, maka Nilai Huruf ‘E’,
Keterangan Nilai “Sangat Kurang”.
Membuat program sederhana dengan Java desktop tidaklah terlalu sulit,
tetapi perlu hati-hati dalam pemberian nama variabel komponen palete.
Buat terlebih dahulu project serta pembuatan class dengan JFrameForm
dengan nama IF_ELSE2.java, caranya dapat dilihat dengan cara klik Langkah-langkah membuat project
Design form pada jendela Design
Agar sama dengan Koding yang dibuat, perlu diganti variable dari komponen
palete yang digunakan, variabel komponen
yang diubah bisa dilihat pada panel Inspector seperti gambar
dibawah ini (Sifat variabel Case Sensitive yaitu karakter besar atau kecil
mempengaruhi coding).
Selain pada panel Inspector variable komponen bisa dilihat dari jendela source
yang otomatis berganti saat change variable name pada jendela design (letaknya
pada akhir source).
Keterangan: Text warna hijau sebagai Nama Variabel komponen pallete
Design Coding
Pertama deklarasikan variable data yang dibutuhkan, pilih Tab Source
pada class IF_ELSE2.java, kemudian tambahkan deklarasi variable tepat
dibawah
public class
IF_ELSE2 extends javax.swing.JFrame {
public
int N_Angka;
public
char N_Huruf;
public
String Ket_Nilai="";
Untuk mengisi coding, Double Click pada komponen JTextField
“TxtNilaiAngka” maka kita
langsung menggunakan Event actionPerformed atau dengan cara klik kanan
komponen JTextField “TxtNilaiAngka” ---> Events ---> Action
---> actionPerformed, Maksudnya jika kita Enter Pada JtxtField
tersebut maka java menjalankan source yang dibuat pada objek actionPerformed.
Coding yang
ditambahkan pada JTextField “TxtNilaiAngka”
N_Angka=Integer.parseInt(TxtNilaiAngka.getText());
if(N_Angka>=80 && N_Angka<=100)
{
N_Huruf='A';
Ket_Nilai="Sangat Baik";
}else
if(N_Angka>=65 && N_Angka<=79)
{
N_Huruf='B';
Ket_Nilai="Baik";
}else
if(N_Angka>=55 && N_Angka<=64)
{
N_Huruf='C';
Ket_Nilai="Cukup";
}else
if(N_Angka>=35 && N_Angka<=54)
{
N_Huruf='D';
Ket_Nilai="Kurang";
}else
if(N_Angka<35)
{
N_Huruf='E';
Ket_Nilai="Gagal";
}
TxtNilaiHuruf.setText(String.valueOf(N_Huruf));
TxtKetNilai.setText(Ket_Nilai);
Keterangan
Coding
N_Angka=Integer.parseInt(TxtNilaiAngka.getText());
//Mengambil
Nilai Dari TxtNilaiAngka dan
disimpan pada variabel N_Angka, N_Angka bertipe integer sedangkan nilai
dari JtextField bertipe String maka
dikonversikan ke dengan Integer.parseInt().
if(N_Angka>=80 &&
N_Angka<=100) // pemberian
kondisi nilai data numerik diberikan menggunakan operator relasi yang diambil
nilainya dari JtextField
N_Huruf='A'; //pemberian nilai N_Huruf
bertipe karakter
Ket_Nilai="Sangat Baik"; // pemberian nilai Ket_Nilai bertipe
String
TxtNilaiHuruf.setText(String.valueOf(N_Huruf));
// menampilakan N_Huruf ke TxtNilaiHuruf,
karena N_Huruf bertipe karakter
sedangkan nilai yang tampil pada JTextField
dengan perintah SetText() bertipe String, maka dikonversikan dari Karakter ke String dengan Perintah String.valueOf().
TxtKetNilai.setText(Ket_Nilai); // menampilakan Ket_Nilai
ke TxtKetNilai
Cara menjalankan
aplikasi : Inputkan Nilai Angka
Kemudian tekan Enter (Cursor berada pada JTextField (TxtNilaiAngka), maka akan tampil nilai Nilai Huruf dan Keterangan
Nilai, seperti gambar dibawah ini :