Dasar-dasar JAVA GUI - SWING - Event handling- Netbeans
Selamat siang sahabat pencari ilmu semua, lumayan lama juga tidak ngeposting mengingat kesibukan juga..(sok sibuk)...sekarang kita bahas JAVA GUI, mulai dari komponen yang digunakan, Event Handling dan sebagainya..hehehehe
Konsep
Graphical User Interface (GUI) dijava
1. Komponen
dasar Swing
2. Penanganan
kejadian
3. Membangun
aplikasi GUI
API (Application Programming
Interface) untuk Aplikasi GUI dijava
1. AWT
(abstrack Window Toolkit)
Library
dan komponen GUI (java.awt) yang pertama kali diperkenalkan oleh java, pihak sun
tidak merekomendasikan lagi penggunaan komponen GUI dari AWT.
2. Swing
or JFC (Java Foundation Class)
Library
dan komponen GUI (javax.swing) terbaru dari java dan yang direkomendasikan SUN
untuk pemrograman GUI. Komponen swing sebagian adalah turunan AWT dan juga
lebih lengkap daripada AWT
Fitur
Swing
1. Komponen
GUI lengkap :
Button,
listbox, combobox, textarea, dan sebagainya
2. Pluggable
Look and Feel
Tampilan
GUI dapat diubah sesuai dengan kehendak (tidak perlu mengikuti native sistem
operasi)
3. Data
Transfer Antar Komponen
Drag
and drop, copy and paste
4. Internationalization
Proses
desain aplikasi yang memungkinkan aplikasi dijalankan sesuai dengan preferensi
tanpa rekompilasi
5. Localization
Proses
translasi teks ke bahasa dan menambahkan komponen lokal
Komponen
Dasar Swing
1. Top
Level Container
Kontainer
dasar dimana komponen lainnya diletakan (Jframe, Jdialog dan Applet)
2. Intermediate
Container
Kontainer
perantara dimana komponen lainnya diletakan (Jpanel, JscrollPane, JtabbedPane,
Jtoolbar, JsplitPane)
3. Atomic
Component
Komponen
yang memiliki fungsi spesifik dan menerima interaksi langsung dari user (Jbutton,
Jlabel, Jtextarea, dsb)
4. Layout
Manager
Mengatur
tata letak dan posisi komponen dalam kontainer (BorderLaout, BoxLayout, FlowLayout,
GridBagLayout, GridLayout)
- free layout
- border layout- box layout
- card layout
- flow layout
- grid bag layout
- grid layout
Ctt : untuk memudahkan dalam design gunakan absolut layout atau null layout
5. Event
Handling
Menangani
event yang dilakukan user (klik mouse, ketik keyboard, perbesar frame, dsb)
Event
-
Event adalah kejadian atau peristiwa
yang dilakukan oleh user terhadap user interface menggunakan peralatan mouse
dan keyboard
-
Setiap object dapat dinotifikasi jika
suatu event terjadi sehingga objek tersebut dapat memutuskan apa yang harus
dilakukan untuk menanggapi (menangani) event tersebut (event handling)
- Agar objek harus
mendaftarkan diri sebagai event listener kesumber yang menghasilkan event dan
mengimplementasikan interface listener yang sesuai
Proses penanganan Event
1. Komponen
harus didaftarkan sebagai pendengar (listener) dengan menggunakan method
addXXXListener()
Jbutton tombolProses = new Jbutton (“PROSES”);
tombolProses.addActionListener
(this);
2. Mengimplementasikan
inetrface listener atau meng-extend class adapter (bisa juga dengan membuat
inner class)
-
Class HelloGUI implements
MouseListener{}
-
Class HelloGUI extends MouseAdapter{}
atau class HelloGUI extend Jframe{class handler extends MouseAdapter{}}
3. Menuliskan
ode penangan kejadian pada method class handler extends
Mouse Adapter{
Public
void mouseClicked(MouseEvent e){
//code
penanganan kejadian}}