Postingan Terbaru

Cara Memberikan Nilai List Item Pada JCombo Box Pada Java - Java Swing













Program Java dengan Menggunakan Netbeans, program sederhana Java Memberikan list Item JCombo Box, Program Java dengan netbeans, contoh program java, program java Swing, contoh program java GUI

sahabat pencari ilmu khususnya yang suka koding, atau terpaksa suka koding karena kuliahnya dibidang IT karena salah jurusan "Stop Salah Jurusan Ketika Sobat sudah Mulai Kuliah" itulah jalan yang harus sobat lalui atau dihentikan jangan ada kata terpaksa.

sekarang saya mencoba memberikan ulasan tentang apa yang sudah saya ketahui untuk saya bagikan kepada sobat semua semoga menjadi ladang amal buat saya..amiin

Latihan sekarang kita buat latihan tentang cara memberikan nilai list item pada Combo Box, Combo Box merupakan salah satu komponen Pallete Swing yang ada pada java menggunakan Netbeans sebagai IDE. ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memberi nilai list item pada combo box karena ketika kita import combo box pada form list item combo box default yaitu Item1, Item2, Item3, Item4.

 
sebelum kita bahas bagaimana caranya, silahkan sobat design tampilan berikut terlebih dahulu, untuk nama project dan nama class terserah sobat apa maunya.




Cara I, Memberikan Nilai List Item Melalui Setingan Properties Combo Box 
 
dengan cara yang pertama ini silahkan sobat masuk pada properties combo box nya dengan cara, klik kanan combo box kemudian pilih Properties, setelah berada pada properties combo box, silahkan sobat cari model

kemudian sobat dapat mengganti list item default sesuai dengan list item yang sobat butuhkan (Catatan : Antara List Item Pertama denga selanjutnya dibatasi tanda koma)


Cara II, Memberikan Nilai List Item Dengan Menggunakan coding Java

Memberikan nilai list item Combo Box menggunakan coding sobat dapat memberikan pada Setiap Event, jika sobat membutuhkannya misalnya Event Button, Event TextField dan komponen lainnya. sekarang saya akan berikan coding pada Event Form, agar ketika di running list Item Langsung Terisi sesuai dengan list item yang kita tambahkan dicoding.

Sobat buat Event Pada Form dengan cara klik kanan Form(Posisinya terserah sobat), Pilih Event -> Windows --> WindowsActivated

Jika sudah selesai silahkan Sobat Tambahkan Coding Berikut Pada Methode Event Form

        jComboBox1.addItem("PILIH KODE BARANG");
        jComboBox1.addItem("KD01");
        jComboBox1.addItem("KD02");
        jComboBox1.addItem("KD03");


Jika Sudah selesai penambahan Coding, maka boleh langsung dirunning untuk melihat hasilnya seperti ini :

 Sekian cara memberikan nilai list item combo box, semoga berhasil sobat dan jangan lupa sering-sering berkunjung ke blog ini jika suka silahkan dilike atau share ke teman-teman sobat yang lain karena insyaallah akan diusahakan update setiap hari, jika ada pertanyaan silahkan langsung diajukan pada kolom komentar, sukses buat sobat semua.

Jangan Lupa Lihat Totorial Lainnya Disini 
BACA JUGA
BACA JUGA

Android Portal Indonesia