Postingan Terbaru

Program Menghitung Umur dengan Java netbeans (Java GUI)















Program Penghitung Umur Sederhana Dengan Java Desktop

Sekarang kita masuk latihan membuat program perhitungan umur dengan JAVA Desktop (GUI) menggunakan komponen Jcalender (JdateChooser).



Membuat program Perhitungan umur sederhana dengan Java desktop tidaklah terlalu sulit, tetapi perlu hati-hati dalam pemberian nama variabel komponen pallete.
Buat terlebih dahulu project serta pembuatan class dengan JFrameForm dengan nama Umur.java, caranya dapat dilihat dengan cara klik Langkah-langkahmembuat project atau pada link ini!!
Design form pada jendela Design


Mengubah nama variable dan text komponen  palete dengan cara klik kanan komponen yang akan diubah pilih Change Variable Name (untuk ganti nama variabel komponen) dan pilih Edit Text untuk mengubah text yang tampil)
Untuk menyamakan dengan Koding yang dibuat perlu diganti variable dari komponen palete yang  digunakan, variabel komponen yang diubah bisa dilihat pada panel Inspector seperti gambar dibawah ini (Sifat variabel Case Sensitive yaitu karakter besar atau kecil mempengaruhi coding).

Selain pada panel Inspector variable komponen juga bisa dilihat dari jendela source yang berganti otomatis saat change variable name pada jendela design (letaknya pada akhir source).
Keterangan: Text warna hijau adalah Nama Variabel komponen pallet

Design Coding
Untuk mengurangi kesalahan karena kekurangan import kita tambahkan langsung import yang kita gunakan untuk pemanggilan fungsi yang sudah ada pada compiler.

Penulisan import ditambahkan tepat dibawah nama package (jika class berada dalam package), nama package bersifat default ketika pembuatan package, jadi tambahkan import saja,
package Tanggal; //nama Package   

import java.util.Date; // Import Fungsi Date


Untuk mengisi source, Double Click pada komponen JButton “PROSES UMUR” maka kita langsung menggunakan Event actionPerformed atau dengan cara klik kanan komponen JButton ---> Events ---> Action ---> actionPerformed  Artinya jika pengguna meng-klik tombol maka java menjalankan koding yang dibuat pada objek actionPerformed.

Coding yang ditambahkan pada Jbutton “PROSES UMUR”


            Date lahir = DateLahir.getDate();
            Date kini = new Date();
            int umur = kini.getYear()-lahir.getYear();
            TxtUmur.setText(String.valueOf(umur));
Hasil Dapat Dilihat dibawah Ini
Cara menjalankan aplikasi : pilih tanggal kelahiran dengan cara klik komponen JdateChooser, kemudian klik JButton “PROSES UMUR”, maka hasil akan muncul pada JTextField (Umur Sekarang)


BACA JUGA
BACA JUGA

Android Portal Indonesia