Postingan Terbaru

Cara Menampilkan Tanggal Sekarang - Hari Ini - Program Java netbeans













Malam sahabat pencinta ilmu semua, mumpung sekarang hari hujan dan stay dirumah aja, maka diputuskan sekarang bikin postingan...hehehehehe

ok...kita lanjut...ready...??
postingan sekarang saya coba share program java desktop sederhana bagaimana menampilkan tanggal hari ini dengan menggunakan netbeans, menampilkan tanggal hari ini kita tampilkan pada JTextField...latihan sekarang kita beri nama class PanggilTgl.java pada package Tanggal .

Design Form


Untuk menyamakan dengan coding yang saya buat, maka lakukan Edit Text dan Ganti Nama Variabel komponen pallet, perubahannya dapat dilihat pada panel Inspector atau pada jendela source.

keterangan : text warna hijau yaitu nama variabel komponen

Design Coding

1. Tambahkan Import data yang diperlukan, tuliskan tepat dibawah nama package (biasanya bagian atas)


2. buat sebuah method dengan nama tanggal()  (Buat tepat dibawah class)


Ket:
     Date ys=new Date(); // membuat oject ys dari class Date
 
     SimpleDateFormat s=new SimpleDateFormat("dd-MM-yyyy"); //membuat object s dari class SimpleDateFormat dengan format (dd-MM-yyyy)yaitu (tanggal-bulan-tahun).

 
     Txttanggal.setText(s.format(ys));

//menampilkan tanggal hari ini pada Txttanggal 

 3. untuk eksekusi perintah pada method tanggal() langsung ketika program dijalankan, panggil method tersebut pada method constructor(nama method constructor sama dengan nama class), maka tanggal hari ini akan muncul langsung pada JTextField (Txttanggal) tanpa memberikan aksi pada suatu object.



HASIL






BACA JUGA
BACA JUGA

Android Portal Indonesia