Postingan Terbaru

Struktur Pemrograman C++ (Awal Pemrograman C++)













LIHAT TUTORIAL PEMROGRAMAN JAVA DISINI 
Selamat pagi menjelang siang sahabat uniqo, baiklah pada kesempatan sekarang ini saya akan membahas tentang program C++, bagaimana cara membuat aplikasi dengan program c++, semoga dapat membantu sahabat uniqo yang ingin memahami bahasa program c++. sebelum kita lihat betuk aplikasinya sekarang saya bahas dasar-dasar program c++


1. KOMPILASI
Program C++ ditulis dengan ekstensi .cpp. Agar dapat dieksekusi atau dijalankan, maka program harus dikompilasi terlebih dahulu menggunakan compiler C++. Proses kompilasinya adalah; file sumber (.cpp) bersama dengan file header (.h) diterjemahkan dulu oleh kompiler C++ sehingga menjadi kode objek (.obj), format file objek ini adalah biner (berkode 0 dan 1). Selanjutnya semua file objek bersama dengan file pustaka (.lib) dikaitkan menjadi satu oleh linker dan hasilnya adalah file Executable.

2. SRUKTUR C++
Struktur Program C++ dapat dilihat dari gambar dibawah ini :
 
 #include
Adalah pengarah praprosesor yang berfungsi menginstruksikan kepada kompiler untuk menyisipkan file, saat program dikompilasi. Biasanya file yang disisipkan adalah file header.

 main()
Merupakan fungsi utama yang menjadi awal dan akhir eksekusi program C++.


  Tanda ()
Digunakan untuk mengapit argumen fungsi, yaitu nilai yang akan dilewatkan ke fungsi

BLOK PERNYATAAN

Blok pernyataan bisa terdiri dari satu atau beberapa statemen dan diakhiri dengan tanda (;) sebagai contoh saat mendeklarasikan 3 buah variabel dengan tipe data yang sama, seperti; int a, b, c;

Contoh Program :
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
main()

{

     clrscr(); //membersihkan layar

     cout << "Selamat Belajar C++";

     getch();

}
Hasil Eksekusi:


Untuk mengkompile program dengan menggunakan borland C++ dapat dilakukan dengan menekan tombol Ctrl + F9 atau tombol ini :
 Keterangan :

 cout (dibaca "c out")

Merupakan objek dalam C++ yang digunakan untuk mengarahkan data ke standar output (layar).

Tanda <<

Dua tanda kurang dari adalah operator “penyisipan/peletakan” yang akan mengarahkan operand (data) yang terletak di sebelah kanannya ke objek yang terletak di sebelah kirinya.

Pada contoh di atas, “Selamat Belajar C++” diarahkan ke cout, yang memberikan hasil berupa tampilan string tersebut ke layar.

#include < iostream.h >

Menginstruksikan kepada kompiler untuk menyisipkan file iostream.h pada saat program dikompilasi tanpa diakhiri titik koma. File iostream.h perlu disertakan pada program yang melibatkan cout. Tanpa # include < iostream.h > akan terjadi kesalahan saat program dikompilasi. Sebab file iostream.h berisi deklarasi yang diperlukan oleh cout dan berbagai objek yang berhubungan dengan operasi masukan–keluaran.

clrscr();

Pernyataan yang diperlukan untuk menghapus layar. Apabila menggunakan pernyataan ini maka harus disertakan file header conio.h.

3. ELEMEN DASAR C++
   a. Pengenal (Identifier)
   b. Tipe Data Dalam C++
   c. Variabel dan Konstanta
   d. Operator dan ungkapan
   e. Input dalam C++
   f. Manipulator

 



BACA JUGA
BACA JUGA

Android Portal Indonesia